About

Awas,Bahaya Memasak dengan Panci Anti lengket Bagi Kesehatan



Seringkali ibu saat akan melakukan kegiatan memasak direpotkan dengan perangkat yang membuat makanan menempel saat proses memasak. Sehingga perangkat memasak antilengket menjadi pilihan kebanyakan ibu di rumah.

Perangkat masak antilengket lebih banyak dipilih ibu untuk mempermudah kegiatan menggoreng, menumis, bahkan memanggang. Kepraktisan dan membuat makanan tetap utuh menjadi utama.

Tapi, ibu harus berhati-hati. Di balik kemudahan yang ditawarkan oleh prangkat anti lengket, ada dampak yang kurang baik untuk tubuh. Dilansir dari Boldsky, Kamis (11/2), berikut ini dampak buruk dari menggunakan perangkat dapur antilengket.


Tiroid
Perflurooctanoic Acid (PFOA) adalah senyawa fluoride dan fluoride yang dasarnya merupakan racun. Senyawa ini ketika dihirup yang dapat memicu hipotiroidisme dengan menekan tiroid. Ketika perangkat antilengket mengeluarkan asap saat terlalu panas, maka senyawa ini sedang menyebarkan 
asap beracun.

Gangguan kognitif
PFOA memiliki dampak pada ganguan kognitif. Sebabnya, ketika ibu menggunakan perangkat antilengket akan muncul fluoride dalam PFOA ketika digunakan.


Penyakit tulang
Terbiasa menggunakan perangkat antilengket ketika memasak di dapur juga bisa jadi penyebab tulang ibu yang sering sakit karena terjadi pengeroposan dan menyebabkan tulang menjadi rapuh.
Kanker
PFOA sangat memungkinkan menjadi penyumbang bagi penyakit kanker. Biasanya, PFOA akan menumpuk pada gigi, tulang, dan kelenjar pineal sehingga menyumbang untuk berkembangnya kanker.

Serangan jantungStudi membuktikan, terkena paparan PFOA dapat meningkatkan kadar trigliserida dalam tubuh yang merupakan salah satu bahaya yang paling mengkhawatirkan dari perangkat antilengket. Kadar trigliserida yang tinggi dalam tubuh dapat meningkatkan risiko serangan jantung, stroke, dan penyakit jantung.


Masalah reproduksiTerkena paparan PFOA setiap hari sangat berbahaya bagi wanita hamil. Sebab, dapat menyebabkan masalah reproduksi dan beberapa cacat lahir seperti berat badan lahir rendah, perubahan ukuran kepala janin bayi, dan lainnya.


Sistem kekebalan
Salah satu bahaya yang disumbangkan oleh perangkat antilengket ketika digunakan memasak adalah mengganggu sistem kekebalan tubuh secara langsung.


Hati
Asap yang dihasilkan oleh perangkat antilengket sangat berpengaruh pada kesehatan hati dan pankreas.


Ginjal
Beberapa penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukkan, penggunaan berlebihan dari perangkat antilengket yang menimbulkan PFOA dapat merusak fungsi ginjal


Peningkatan kolesterol

PFOA juga dapat meningkatkan kadar kolesterol jika cenderung menggunakan peralatan masak antilengket lebih sering.Jadi, dengan pelbagai bahaya kesehatan yang timbul dari perangkat antilengket, ibu harus memahami betapa berbahayanya untuk kesehatan. Perangkat masak dari besi tempa adalah alternatif lawas tapi cukup baik karena lebih aman untuk digunakan.


Ibu dapat beralih ke panci besi tempa tradisional untuk menjalani gaya hidup sehat. Jika ibu masih tidak yakin dan tidak bisa menahan untuk menggunakan perangkat antilengket, memasak makanan dengan api kecil dan menghindari pemanasan terlalu tinggi hingga 260 derajat celcius untuk menghindari dekomposisi senyawa beracun. ( REPUBLIKA.CO.ID )

0 Response to "Awas,Bahaya Memasak dengan Panci Anti lengket Bagi Kesehatan"

Post a Comment